Jumat, 03 Juni 2011

Gagal Ginjal dan Cuci Darah Bukan Akhir dari Segalanya

Gagal ginjal, hmm…mendengar namanya saja bisa membuat bulu kuduk merinding. Belum lagi bila seseorang divonis harus cuci darah. Membayangkannya saja sudah ngeri, apalagi harus menjalaninya. Dan lebih seram lagi bila kata “cuci darah” itu masih diikuti dua kata yang tidak kalah menakutkan, yakni “seumur hidup”. Ya cuci darah seumur hidup.
Tapi tunggu dulu! Jangan panik!
Gagal ginjal dan vonis cuci darahnya sebenarnya tidak selalu se-seram yang masyarakat awam pahami. Umumnya ketakutan tersebut dilatari kurangnya pengetahuan atau informasi tentang gagal ginjal dan cuci darah. Mungkin masyarakat hanya tahu bahwa seseorang yang cuci darah, hidupnya tidak akan lama lagi. Atau mungkin mereka hanya berpikir betapa menyakitkannya proses cuci darah itu. Karena alasan itu, banyak orang menolak menjalani cuci darah sehingga kondisinya makin memburuk.
Cobalah berkunjung langsung ke ruang cuci darah. Di sana Anda akan menemukan bahwa banyak pasien yang menjalani cuci darah dengan santai. Mereka bisa duduk, bisa makan, bisa ngobrol, bisa bercanda dan bisa tertawa bersama. Mereka tak selalu merepotkan. Sebagian pasien datang sendiri, tidak ditemani keluarga, dan setelah selesai pulang sendiri ke rumah.


Banyak pasien cuci darah yang tampak segar, bahkan terlihat seolah-olah bukan pasien. Ada yang sudah bertahun-tahun cuci darah tapi tetap kuat mengendarai sepeda motor atau menyetir mobil. Seorang teman yang berprofesi sebagai guru tetap aktif mengajar, begitu juga yang berprofesi sebagai dosen. Dan seorang ibu rumah tangga tetap bisa menyiapkan makanan di rumah serta menjemput anaknya di sekolah sebelum datang cuci darah.
Kenyataan di atas menunjukkan bahwa gagal ginjal ataupun cuci darah bukanlah akhir dari segalanya. Meskipun harus rutin cuci darah, toh seseorang tetap bisa memberi manfaat dan kebaikan bagi keluarga dan lingkungannya. Rahasianya adalah ikhlas dan semangat.
Ikhlas menerima penyakit ini dengan keyakinan bahwa ini hanyalah ujian dari Tuhan untuk suatu tujuan baik yang tak selalu dapat kita pahami. Tuhan itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Pastilah Dia sedang merencanakan sesuatu yang terindah bagi hidup kita.
Semangat untuk melakukan segala usaha terbaik kita. Semangat untuk menjalani diet ketat. Semangat untuk cuci darah. Semangat untuk memotivasi diri. Semangat untuk sembuh. Dan semangat untuk tetap hidup!
Ohya, satu lagi. Hindari stres. Sesekali jangan terlalu banyak berpikir. Kadang hidup ini menjadi begitu rumit hanya karena kita terlalu banyak berpikir, terlalu banyak menganalisa, dan terlalu mengkhawatirkan hari esok. Jalani saja kehidupan hari ini dengan penuh rasa syukur. Dengan begitu, mudah-mudahan hati kita menjadi lebih tenang dan damai.
Salam sehat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar