Selasa, 07 Juni 2011

Pengaruh Cinta Bagi Kesembuhan Fisik


Tidak diragukan lagi bahwa sesorang yang sedang jatuh cinta akan terlihat lebih ceria, lebih semangat,  dan suka mengumbar senyum. Hal ini menjadi bukti betapa cinta mampu mempengaruhi keadaan emosi atau psikis seseorang. Karena alasan cinta itu pula, seseorang bahkan bersedia melakukan apa saja.
Dalam penelitian selanjutnya ditemukan bahwa pengaruh cinta tak hanya menciptakan keadaan psikis yang baik, tetapi juga mampu menciptakan keadaan fisik yang baik.
Tim peneliti dari Division of Pain Management di Stanford University Medical Center, Amerika Serikat telah membuktikan bahwa perasaan cinta mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang terhadap rasa sakit. Mereka melakukan tes pada 15 mahasiswa dan mahasiswi yang baru jatuh cinta dan sangat bergairah.
Para mahasiswa diperlihatkan foto-foto pasangannya, sementara komputer pengontrol panas diletakan di telapak tangan, yang berfungsi memberikan rasa sakit dalam dosis ringan. Pada saat yang bersamaan, otak mereka dipindai dengan mesin pencitraan, functional magnetic resonance (FMRI).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perasaan cinta yang dipicu dengan melihat gambar orang yang dicintai, bertindak sebagai penghilang rasa sakit yang kuat. Sedangkan ketika mahasiswa diperlihatkan foto seseorang yang menarik (tetapi bukan orang yang dicintainya), hasilnya tidak memiliki manfaat yang sama.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, kiranya benarlah apa yang ditulis oleh Rhonda Byrne dalam buku The Secret. Dengan mengutip Dr. Demartini, Rhonda Byrne menulis,
 “… cinta dan syukur akan melarutkan semua negativitas dalam hidup, terlepas dari apa pun bentuk yang telah menjadi perwujudannya. Cinta dan syukur dapat membelah lautan, memindahkan gunung, dan menciptakan keajaiban. Dan cinta serta syukur dapat melarutkan semua penyakit.”

Sumber:
-       Rhonda Byrne, The Secret (Rahasia), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2008

1 komentar:

  1. mantap kawan blognya,
    tolong dibahs dong tetntang Sang superstar
    GGGGGGSSSSS

    BalasHapus