Rabu, 22 Juni 2011

Bila Manusia Kekurangan Cinta

            Alam raya tempat kita hidup ini sesungguh adalah alam raya yang berkecukupan bahkan berkelimpahan. Tidak ada sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia, yang kurang. Tuhan yang Mahasempurna itu tidak mungkin membuat perhitungan yang keliru sehingga ciptaannya menjadi tidak sempurna.
            Apa yang kita sebut sebagai kekurangan sesungguhnya hanyalah ketidakseimbangan jumlah atau porsi. Ada  yang punya banyak dan ada yang punya sedikit. Yang punya banyak kita sebut kaya, sedangkan yang punya sedikit kita sebut miskin.
            Lalu mengapa di alam raya yang berkelimpahan ini sebagian manusia hidup kekurangan dan menderita? Penyebabnya hanya satu: manusia kekurangan cinta kasih.Cinta kasih manusia-lah yang kurang, bukan sumber daya.
            Cinta kasih yang kurang itu membuat manusia tidak mampu merasakan penderitaan sesamanya. Cinta kasih yang kurang itu membuat manusia tidak peduli dan hanya mementingkan dirinya sendiri. Cinta kasih yang kurang itu membuat manusia enggan untuk membagikan kelebihan yang ada padanya.


            Manusia sering lupa bahwa segala kelebihan yang ada padanya hanyalah titipan Ilahi, bukan sesuatu yang ia ciptakan sendiri. Manusia sering sombong dengan segala pencapaiannya tapi lupa bahwa pencapaian itu hanya mungkin terjadi karena izin Tuhan. Dan manusia lupa bahwa Tuhan, Sang Pencipta segala sesuatu, menghendaki agar kelebihan itu dibagikan kepada sesama yang kekurangan. Karena dengan berbagi itulah, keseimbangan hidup akan tercipta.
            Andai semua orang bisa memberi dengan ikhlas. Andai semua orang bisa memberi tanpa mengutamakan imbalan. Andai semua orang bisa memberi tanpa disorot media. Andai semua orang bisa memberi bukan demi reputasi dan reportase. Andai semua orang bisa memberi pertama-tama karena alasan cinta kasih…oh betapa indahnya hidup kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar